Oleh: Pit Gialoni | Oktober 25, 2009

Pohon Bisa Hasilkan Energi Listrik

pohon rindang

Pohon sangat penting bagi kehidupan manusia dan alam. Pohon dapat berfungsi sebagai gudang serapan air sehingga mencegah longsor, pohon juga dapat mengubah gas Co2 yang berbahaya menjadi udara segar O2 yang sangat penting bagi manusia. Namun, belum banyak orang yang tahu, pohon juga memiliki manfaat penting yang lain. Pohon ternyata memiliki energi yang cukup untuk menghasilkan listrik.

Studi yang dilakukan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan bahwa pohon bisa menghasilkan energi listrik sebesar 200 millivolt. Caranya adalah dengan menggunakan dua logam elektroda. Satu elektroda ditempatkan pada pohon sementara lainnya diletakkan di sekeliling tanah.

Thaindian News, Jumat (18/9/2009) melansir, cara kerja menghasilkan listrik dari pohon ini hampir sama dengan percobaan membuat baterai dari lemon atau kentang. Untuk menghasilkan arus listrik dari lemon dan kentang, kita harus menciptakan reaksi diantara makanan itu dan dua logam yang berbeda.

Salah satu tim studi, Carlton Himes dari University of Washington, rela menghabiskan waktu selama musim panas untuk menganalisa bermacam pepohonan. Himes menempelkan paku pada pohon-pohon tersebut dan menyambungkannya ke alat pengukur tegangan listrik atau voltmeter. Dalam percobaanya itu, dia menemukan bahwa pohon berdaun lebar menghasilkan voltase yang tetap sampai beberapa ratus milivolt.

Setelah itu dengan menambahkan satu alat khusus yang berfungsi sebagai pengubah pendorong voltase, Himes dan timnya berhasil memperoleh energi listrik sebesar 1,1 volt. Menurut mereka, energi sebesar ini cukup untuk menjalankan sensor tenaga rendah.

“Namun demikian, energi listrik yang dihasilkan pohon tidak bisa digunakan untuk menjalankan semua perkakas elektronik. Karena perangkat elektronik umumnya tidak ditenagai oleh listrik jenis seperti ini,” kata peneliti lainnya, Babak Parviz.

Parviz menambahkan bahwa energi listrik yang dihasilkan pohon tidak bisa menggantikan energi yang dihasilkan matahari untuk menjalankan sebagian besar aplikasi. Namun menurutnya, sistem seperti ini dapat dipertimbangkan sebagai cara alternatif dalam menghasilkan tenaga listrik untuk  sensor pohon yang membantu mendeteksi kondisi lingkungan hidup atau kebakaran hutan.

Hmm….gimana Indonesia ? Sebagai negara yang memliki hutan yang luas seharusnya bisa memanfaatkan penemuan ini untuk menciptakan tenaga listrik alami. Hitung – hitung hemat biaya, aset perusahaan bertambah. Paling – paling PLN entar membuka perusahaan baru, PLTP, yaitu Pemangkit Listrik Tenaga Pohon, khikhihkhikhi……

(sumber : okezone)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: