Oleh: Pit Gialoni | Oktober 24, 2009

Ilmuwan Kembangkan Bakteri Penghasil Emas

Cupriavidus-metalliduransEmas merupakan logam mulia yang asalnya berasal dari galian perut bumi. Namun berita heboh datang ilmuwan University Adelaide. Pernyataan para ilmuwan dari university tersebut mengatakan bahwa ada sebauh bakteri yang dapat merubah logam menjadi emas murni. Wow…keren !

Adalah Frank Reith dari University of Adelaide dan timnya memodifikasi suatu jenis bakteri secara genetik. Setelah dimodifikasi, bakteri ini bisa menghasilkan ekstrak emas dari lingkungan dan bahan logam mulia yang berada di sekitarnya.

Ada beberapa bakteri yang memang dikenal berhubungan dengan bahan emas. Namun hingga saat ini masih belum jelas apakah bakteri tersebut turut berperan dalam emas yang dihasilkan atau tidak.

Reith beserta timnya kini menemukan bahwa emas larut rupanya merugikan bagi salah satu jenis bakteri bernama .

“Bahan emas bisa menghambat fungsi enzim bakteri. Saat bertemu dengan bahan emas, mikroba akan mengaktifkan gen ‘racun emas’. Gen ini memproduksi enzim yang bisa mengubah senyawa emas larut menjadi partikel emas metalik yang bisa merusak bakteri,” Reith seperti dikutip dari Times of India, Selasa (13/10/2009).

Reith dan timnya kemudian melihat hal ini sebagai suatu peluang untuk sebuah teknik baru yang menguntungkan.

“Saat mikroba terkena kontak dengan bahan emas, mereka mengeluarkan cahaya yang bisa dideteksi mengggunakan hand-held photometer,” kata Reith.

Dengan memodifikasi bakteri secara genetik serta memanfaatkan cahaya yang terdeteksi pada photometer, kerugian pada bakteri berubah menjadi sebuah keuntungan untuk menghasilkan emas dari bahan logam mulia yang berada di sekitar bakteri.

Hebat banget, ngomong – ngomong mas Frank…,bakterinya nangkap dimana sih?? hehehehe….

(sumber : okezone)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: