Oleh: Pit Gialoni | Oktober 21, 2009

Hasil Liga Champions, Rabu (21/10) : Kekalahan Pertama Barcelona Di Tangan Tim Liliput, Rubin Kazan

Ibrahimovic barcelona Rubin Kazan yang awalnya hanya menargetkan untuk mencari pengalaman di ajang Liga Champions, tampaknya harus merubah targetnya untuk lolos fase grup. Setelah dua hasil positif yang telah dituai oleh tim jawara Rusia itu. Terakhir Kazan secara mengejutkan menundukkan tim favorit juara Barcelona di kandang Barca, Nou Camp dengan skor 2 – 1.

Kemenangan yang diraih Kazan merupakan sebuah taktik yang jitu dari pelatih Kurban Berdeyev. Dengan menerapkan pola 4-5-1 dengan strategi bertahan dan melakukan serangan balik. Sebuah taktik yang cerdik, karena Kazan memiliki dua striker cepat yang sangat lihai dalam melakukan serangan balik.

Selain itu, keberhasilan Kazan menundukkan Barca di kandang mereka tidak lepas dari penampilan gemilang penjaga gawang mereka, Sergei Ryzhikov. Kiper Rubin Kazan itu berkali-kali menggagalkan peluang Barcelona.

Baru dua menit laga berjalan, Ryzhikov sudah dua kali melakukan penyelamatan dari peluang Andres Iniesta dan Daniel Alves. Bukan hanya itu, dia juga lah yang menjadi kreator serangan balik timnya yang lantas berbuah gol.

Setelah berhasil mengamankan tembakan Alves, dengan cepat bola diberikan kepada Aleksandr Ryazantsev. Dia pun langsung melesatkan tendangan jarak jauh yang bertenaga dari jarak 35 meter yang tak mampu diantisipasi oleh Victor Valdes. Pendukung Barca langsung terdiam, sebaliknya pendukung Kazan bersorak kegirangan.

Tertinggal satu gol membuat Barcelona bermain agresif. Tiga peluang tercipta dari kaki Zlatan Ibrahimovic, Lionel Messi, dan Pedro Rodriguez. Namun lagi – lagi kegemilangan Ryzhikov membuat ketiganya gigit jari. Skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, El Barca melakukan inisiatif serangan lebih dulu. Hasilnya, baru 3 menit bergulir, Ibrahimovic kembali menaikkan semangat para punggawa Barca.

Dengan kemampuan individu yang di atas rata-rata, Ibrahimovic dengan cekatan mengontrol bola hasil umpan Xavi Hernandez untuk melewati barisan pertahanan tim tamu. Kemudian dia melepaskan tendangan rendah yang tak mampu ditepis Ryzhikov. Inilah gol pertama dia bagi El Barca di Liga Champions.

Kedudukan imbang membuat kedua tim bermain hati-hati dan bermain disiplin. Meskipun kedua tim sekali – kali melakukan serangan namun peluang yang terjadi masih sedikit.

Pada menit ke-73, lagi-lagi dari sebuah serangan balik yang dibangun Rubin Kazan membuat Camp Nou terdiam. Gokdeniz Karadeniz berhasil memanfaatkan umpan brilian Alejandro Dominguez dan melakukan shooting keras dari dalam kotak penalti yang tidak mampu dihalau oleh Victor Valdez. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Kazan.

Tertinggal 1-2 dan tidak mau dipermalukan oleh tim non unggulan di kandang sendiri membuat El Barca bermain semakin agresif. Tapi, permainan disiplin tim tamu yang disertai penampilan gemilang sang kiper membuat tuan rumah gagal menyamakan kedudukan hingga pertandingan berakhir.

Dengan hasil ini, posisi Barcelona di klasemen sementara Grup F masih tetap yang teratas dengan 4 poin, disusul Dynamo Kyiv dan Rubin Kazan yang beroleh angka sama. Posisi paling buncit diisi Inter Milan yang hanya mampu bermain imbang dengan Kyiv.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: