Oleh: Pit Gialoni | Oktober 12, 2009

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2010 : Palermo Menjaga Peluang Argentina Ke Afsel

11102009083622

Peluang Argentina meraih tiket langsung ke Piala Dunia 2010 masih terjaga. Setelah tim Tango berhasl menang dengan penuh perjuangan atas Peru, Sabtu (10/10).

Sadar posisinya sedang terjepit, pelatih Diego Maradona langsung menginstruksikan para pemainnya menekan pertahanan Peru sejak awal pertandingan.

Baru 6 menit laga berlangsung, kesempatan pertama didapat. Sayang, sundulan Gabriel Heinze memanfaatkan umpan silang Pablo Aimar masih melebar.

Pada babak pertama, setidaknya ada tiga peluang emas yang didapat Tim Tango. Gonzalo Higuain, Angel Di Maria, hingga Lionel Messi mendapatkan kesempatan untuk membobol gawang lawan. Penyelesaian akhir yang terburu-buru dan pertahanan rapat tim tamu membuat semua peluang itu mentah. Hingga babak pertama berakhir, skor kacamata tetap bertahan.

Pada babak kedua, Maradona memasukkan striker veteran Martin Palermo menggantikan Enzo Perez demi meningkatkan intensitas serangan.

Dua menit pertandingan berlangsung, Juan Vargas nyaris mempermalukan kubu tuan rumah. Beruntung, tembakannya masih melebar.

Kurang dari satu menit, justru Argentina yang berhasil unggul. Aimar menjadi kreator gol itu dengan memberikan umpan terobosan brilian kepada Higuain. Dengan dingin, striker Real Madrid itu membobol gawang Leao Butron.

Peru sebenarnya berkesempatan menyamakan kedudukan pada menit ke-57. Ketika tendangan Ramirez menyentuh siku Emiliano Insua. Namun, wasit Rene Ortube menolak klaim penalti Peru. Beberapa menit kemudian, tendangan bebas Juan Vargas juga membuat kiper Sergio Romero jatuh bangun mengamankan gawangnya.

Sepanjang sisa pertandingan, lantaran tensi yang tinggi, kedua tim lebih banyak memeragakan permainan keras. Banyak tekel yang terjadi namun sedikit peluang mencetak gol. Hujan yang turun dengan deras menjadi penyebab lainnya.

Kesempatan Argentina melangkah ke Afrika Selatan nyaris musnah. Adalah Herman Rengifo yang menimbulkan mimpi buruk rakyat Argentina ketika sundulannya menyamakan kedudukan pada menit ke-89.

Pada saat harapan sudah menipis, muncul Palermo sebagai pahlawan. Striker Boca Juniors itu mencetak gol kemenangan Argentina, pada menit kedua tambahan waktu.

Kemenangan ini memang tak membuat Argentina dengan serta merta aman. Kemenangan Uruguay atas Ekuador membuat kans Argentina tergantung laga di Montevideo, Rabu (14/10). Kemenangan atas Uruguay yang menjadi pesaing utama akan memastikan Argentina merebut tiket langsung ke Piala Dunia 2010.

Satu kandidat yang sudah menempatkan satu kakinya di Afrika Selatan adalah Cile. Kemenangan atas Kolombia membuat Cile bertahan di peringkat ketiga.

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2010 Zona Conmebol, Sabtu (10/10):
Argentina 2-1 Peru
Kolombia 2-4 Cile
Ekuador 1-2 Uruguay
Venezuela 1-2 Paraguay

(sumber : duniasoccer)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: