Oleh: Pit Gialoni | Oktober 5, 2009

Hasil Liga Italia, Minngu (4/10) : Kekalahan Pertama Juventus

juve-afp-cover(foto : Beritabola)

Juventus akhirnya menelan kekalahan pertama mereka setelah dikalahkan oleh tim tuan rumah Palermo dengan skor 2 – 0 di stadion Renzo Barbera.

Dalam pertandingan ini, Juventus yang turun full tim, termasuk Diego dan Felipe Melo, lebih banyak menguasai permainan. Tercatat Juve menguasai 62% penguasaan bola. Meskipun begitu Juve belum mampu menjebol gawang Palermo. Lebih banyak menguasai bola, Juve hanya mampu melepaskan enam tembakan, namun keenam tembakan tersebut tidak mengarah ke sasaran.

Sedangkan Palermo yang lebih sedikit menguasai bola justru melepaskan 24 tembakan dan 8 tembakan tepat menuju ke gawang Buffon.

Awal babak pertama, Palermo langsung melakukan serangan. Memasuki menit ke – 7, mantan pemain Juventus, Fabrizio Miccoli melepaskan tembakan yang mengancam gawang Juve. Namun kesigapan Buffon berhasil menggagalkan peluang Miccoli.

Palermo kembali mengancam, kali ini giliran Miccoli mengirimkan umpan ke Edison Cavani. Cavani pun langsung menyundul bola yang masih berada di udara, namun sayang bola sundulannya masih melenceng.

Berkali – kali melakukan serangan, akhirnya Cavani berhasil membuat Renzo Barbera bergemuruh. Cavani berhasil mengoyak gawang Buffon dengan tembakan dari sisi kanan menuju tiang dekat gawang pada menit ke – 37. Skor pun berubah menjadi 1 – 0 untuk tim tuan rumah.

Tampaknya Juve benar – benar tergantung pada Diego yang menjadi jantung permainan Juve. Dia dijaga dengan ketat oleh pemain bertahan Palermo, sehingga Diego menjadi tidak berkutik dan aliran bola ke striker Juve pun menjadi tidak lancar. Dengan begitu otomatis serangan Juve pun tidak berkembang.

Dengan begitu, para penyerang Palermo lebih tenang dalam melakukan serangan tanpa perlu banyak khawatir terhadap serangan Juventus. Hasilnya, pada menit ke- 42 Palermo kembali menambah angka.

Miccoli yang melakukan tendangan bebas melepaskan bola tepat menuju gawang Buffon, namun Simplicio berhasil memotong bola hasil sepakan Miccoli dan berhasil mengecoh Buffon. Skor menjadi 2 – 0 dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, permainan Juventus masih saja belum berkembang dan Palermo lebih banyak menyerang.

Juve hampir mengubah kedudukan melalui Diego. Namun sayang bola hasil tendangan bebas yang dilepaskan masih membentur mistar gawang.

Merasa bahwa Diego tidak berfungsi, pelatih Ciro Ferrara menariknya keluar dan menggantikan Paolo De Ceglie. Namun pergantiang tersebut masih belum membawa perubahan.

Cavani hampir menambah skor jika sepakannya tidak melenceng. Sedangkan Miccoli masih belum dinaungi Dewi Fortuna. Sepakan yang dilesatkan hanya membetur mistar gawang.

Peluang emas Juve diperoleh melalui Iaquinta. Namun Iaquinta yang menerima umpan dari Felipe Melo gagal menaklukkan kiper Sirigu. Skor 2 – 0 untuk Palermo bertahan hingga peluit akhir.

Dengan hasil ini, Juve terpaksa turun ke posisi ketiga, dibawah Inter dan Sampdoria. Sedangkan Palermo berhasil merangakak ke posisi sembilan.

Hasil lengkap Liga Italia Serie A pekan ke-7 :

Sabtu (3/10)

Bari vs Catania 0-0
Inter Milan vs Udinese 2-1

Minggu (4/10)

AS Roma vs Napoli 2-1
Atalanta vs AC Milan 1-1
Bologna vs Genoa 1-3
Cagliari vs Chievo 1-2
Fiorentina vs Lazio 0-0
Sampdoria vs Parma 1-1
Siena vs Livorno 0-0
Palermo vs Juventus 2-0


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: