Oleh: Pit Gialoni | Oktober 2, 2009

10 Tahun Lagi Ilmuwan Bakal Ciptakan Tiruan Otak

LONDON – Dalam 10 tahun ke depan, para ilmuwan akan membuat sebuah model yang dapat meniru fungsi otak manusia.

“Saya benar-benar yakin secara teknis dan biologis mungkin, kalau proyek ini bakal bisa terwujud. Satu-satunya yang tidak pasti adalah pendanaan. Ini adalah proyek yang sangat mahal,” kata Henry Markram, profesor pada Brain Mind Institute di Swiss.

“Otak manusia tentu saja sangat rumit karena memiliki triliunan sinapsis, miliaran neuron, jutaan protein, dan ribuan gen. Tapi mereka masih terbatas jumlahnya,” kata Markram, yang dikutip melalui Manorama, Minggu (6/9/2009).

“Teknologi saat ini sangat canggih dan memungkinkan kita membalik pembangunan otak secara cepat,” jelasnya. Sebuah contoh mengenai kemampuan yang telah ada adalah saat ini robot dalam melakukan pemindaian dan pemetaan puluhan ribu kali lebih cepat dibandingkan manusia.

Sementara itu, menurut dia, selain masalah keuangan, rintangan lainnya adalah selama 100 tahun penemuan ilmu saraf telah menyebabkan jutaan fragmen data dan pengetahuan yang belum pernah dibawa bersama dan dimanfaatkan sepenuhnya.

“Tantangan terbesar adalah untuk mengerti bagaimana pola kimia-magnetik-elektrik di dalam otak berubah menjadi persepsi kita tentang realitas. Kita berpikir melihat dengan mata, tetapi dalam kenyataannya sebagian besar dari apa yang kita ‘melihat’ adalah sebagai proyeksi yang dihasilkan oleh otak Anda,” tandasnya.

(sumber : okezone)


Responses

  1. Waduh, jadi penasaran apa yang akan terjadi nanti…

  2. waduh… ada-ada saja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: