Oleh: Pit Gialoni | September 30, 2009

Hasil Liga Champions, Rabu (30/09) : Fiorentina 2 – 0 Liverpool, Petuah Artemio Franchi

30092009040520 (foto : duniasoccer)

Mitos bahwa stadion milik Fiorentina, Artemio Franchi yang tidak ramah terhadap tim – tim asal Inggris benar – benar terbukti.

Salah satu raja Eropa, Liverpool, yang datang dengan modal kepercayaan diri dan metal yang tinggi harus takluk di Artemio Franchi. Si Ungu tampil fantastis dengan melibas Si Merah dengan skor 2 – 0.

Buruknya lini pertahanan Liverpool menjadi biang keladi atas kekalahan The Reds. Kurang komunikasi dan buruknya kerja sama para pemain bertahan Liverpool membuat striker Fiorentina berhasil menjebol gawang Pepe Reina sebanyak dua kali.

Stevan Jovetic yang tampil mengesankan pada malam itu membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-28. Diawali umpan terobosan Cristiano Zanetti, Jovetic terlepas dari jebakan offside yang buruk. Dengan tenang, penyerang La Viola itu merobek jala sudut kanan gawang Reina.

Stevan Jovetic kembali memukau para penonton di stadion Artemio Franchi. Pada menit ke – 37, tendangan jarak jauh Juan Vargas yang langsung menuju ke gawang Liverpool berhasil dibelokkan arahnya oleh Jovetic ke tiang dekat gawang sehingga mengecoh Pepe Reina dan bola berhasil masuk ke gawang.

Bukan hanya lini belakang saja yang buruk. Permainan disiplin yang dipertontonkan tim tuan rumah membuat The Reds kesulitan mengembangkan permainan pada babak pertama. Jumlah tembakan yang dilepaskan berbeda jauh dengan La Viola yang bisa menciptakan 9 peluang mencetak gol, sedangkan Liverpool hanya mampu mengancam gawang Frey satu kali saja.

Dengan ketinggalan 2 angka membuat Liverpool tampil agresif. Dua menit memasuki babak kedua, Liverpool sudah mengancam gawang Fiorentina melalui Yossi Benayoun. Beruntung Sebastian Frey berhasil menyelamatkan gawangnya dan memberikan sepak pojok bagi Liverpool. Memanfaatkan sepak pojok, Fabio Aurelio hampir berhasil menyamakan kedudukan seandainya bola sundulannya tidak melambung di atas mistar gawang.

Beruntung penampilan gemilang Frey dan kedisiplinan barisan pertahanan La Viola berhasil meredam keagresifan The Reds di babak kedua yang lebih mendominasi. Dengan begitu, skor 2 – 0 untuk Fiorentina tetap bertahan hingga peluit akhir ditiupkan.

Fiorentina berhasil menggeser Liverpool di posisi kedua grup E dengan mengumpulkan poin yang sama. La Viola lebih berhak menduduki posisi runner up karena unggul produktivitas gol. Sementara posisi puncak tetap di tempati oleh Lyon yang pada pertandingan malam itu kembali berhasil memetik kemenangan 4 – 0 menghadapi Debreceni.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: