Oleh: Pit Gialoni | September 29, 2009

Jelang Liga Champions : Barcelona Mewaspadai Sheva

sheva-c(foto : Beritabola)

Barca akan melakoni laga keduanya di fase Grup F Liga Champions melawan Dynamo Kiev, Rabu (30/9/2009) dinihari WIB. Performa apik di La Liga ditambah bermain di rumah sendiri, membuat Barca relatif diunggulkan. Apalagi kualitas para punggawa juara bertahan itu tentu setingkat di atas sang lawan.

Namun, meski hanya berstatus sebagai tim kelas kedua di ranah Eropa, Kiev tak boleh diremehkan sebab mereka juga sedang bagus-bagusnya dengan tak terkalahkan di 15 laga kompetitif di musim ini. Saat ini mereka juga memimpin Grup F berkat kemenangan 3-1 atas Rubin Kazan di partai pembuka dua pekan lalu. Selain itu, Kiev memiliki striker baru tapi lama, Andriy Shevchenko, yang kembali ke klub yang melahirkan dan membesarkan namanya sebelum dia pindah ke AC Milan.

Meski tak sehebat beberapa tahun lalu, Barcelona tetap harus mewaspadai striker Andriy Shevchenko. Dua belas tahun lalu di Nou Camp, striker Ukraina itu pernah jadi mimpi buruk El Barca.

Ada satu fakta yang harus dicermati oleh Barca atas pemain ini, sebab pada pertemuan terakhir dengan Kiev pada 5 November 1997, di ajang yang sama dan juga masih dalam fase grup, Los Blaugrana menyerah dengan skor 0-4 di Nou Camp. Pada laga itu Sheva jadi sosok menakutkan dengan mencetak hat-trick ke gawang Barca.

Pasukan Catalan yang kala itu masih dibesut Louis van Gaal akhirnya tersingkir dengan menjadi juru kunci Grup C, di bawah Kiev, PSV Eindhoven dan Newcastle.

Bukan tak mungkin mimpi buruk itu bisa terulang lagi jika Barca tak mewaspadai Sheva dan rekannya lain di Kiev. Apalagi Josep Guardiola tengah dibuat pusing dengan badai cedera yang tengah menimpa skuadnya itu.

Thierry Henry dipastikan absen akibat cedera paha saat melawan Malaga Sabtu lalu. Hilangnya striker Prancis itu makin menipiskan stok di lini depan Barca yang sudah ditinggal Borjan Krkic juga karena problem sama. Tak hanya lini depan, di lini pertahanan, kondisi Dmytro Chygrynski pun meragukan.

Untungnya, mesin gol baru Barca, Zlatan Ibrahimovic, berpeluang besar main meski dirinya masih didera cedera engkel. Ibra memang sedang dalam performa terbaiknya dengan selalu bikin gol dalam lima laga di La Liga, terakhir ia mencetak gol bagi klubnya di Liga Primera beberapa menit saat dia baru memasuki lapangan menggantikan Henry.

“Dia (Ibrahimovic) tidak dalam kondisi 100 persen namun ia adalah pemain kuat yang tidak pernah mengeluh jika ia harus diturunkan. Lebih penting dari gol-gol yang ia buat adalah variasi alternatif yang dia berikan saat kami menyerang,” ujar Guardiola yang dikutip Reuters.

(sumber : beritabola)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: