Oleh: Pit Gialoni | September 14, 2009

Ulasan Sekilas Delapan Grup Liga Champions

champions-league-logo Liga Champions musim 2009 / 2010 akan segera dimulai, tepatnya pada Rabu, 16 September 2009. Namun hingar bingarnya telah terdengar. Sebanyak 32 klub yang terbagi kedalam 8 grup akan berlaga memperebutkan 2 tiket dari masing – masing grup untuk menuju ke babak selanjutnya.

Bagaimana peta kekuatan dari masing – masing grup yang akan melakoni total enam pertandingan musim ini ? Berikut ulasan singkatnya :

Grup A: Bayern Munich, Juventus, Girondins Bordeaux, Maccabi Haifa

Bayern Munich dan Juventus, adalah dua raksasa Eropa yang beberapa musim ini telah kehilangan tajinya di Eropa. Musim ini akan menjadi pembuktian kebangkitan dari keduanya. Juventus yang musim ini dilatih oleh pelatih muda, Ciro Ferrara, tampil mengesankan dengan para bintang baru, salah satunya Diego. Di liga lokal telah mereka lalui dengan mendulang hasil positif. Muenchen yang mendatangkan sayap lincah Arjen Roben juga menunjukkan hasil positif di loga lokal. Kedua tim difavoritkan menuju ke babak berikutnya. Namun, di bawah pelatih Laurent Blanc, Bordeaux yang berstatus juara Prancis bisa menjadi ganjalan buat dua tim raksasa tersebut.

Grup B: Manchester United, CSKA Moskow, Besiktas, Wolfsburg

Dengan hengkangnya Ronaldo membuat penampilan MU lebih berbeda. Ronaldo tampaknya sangat berpengaruh bagi kesuksesan MU selama ini, buktinya tanpa Ronaldo MU menuai hasil kurang memuaskan di liga lokal. Walaupun begitu, MU tetap dijagokan untuk menjadi juara Eropa. CSKA Moskow, Besiktas dan Wolfburg sama – sama bersaing untuk menjungkalkan raksasa Eropa asal Inggris tersebut sekaligus memperebutkan tiket ke babak berikutnya.

Grup C: AC Milan, Real Madrid, Olimpique Marseille, FC Zurich

Klub ini akan menjadi tontonan menarik. Pertarungan Kaka melawan bekas klubnya, Milan, dan pembalasan sakit hati Klaas Jan Huntelar kepada Madrid akan menjadi tontonan yang seru. Kedua tim tersebut difavoritkan lolos dari grup dengan mulus. Namun, kuda hitam Marseille siap untuk menjungkalkan kedua raksasa itu.

Grup D: Chelsea, FC Porto, Atletico Madrid, APOEL Nicosia

Chelsea dengan pelatih penuh pengalaman di Liga Champions, Carlo Ancelotti, bertekad untuk merengkuh trofi musim ini. Ancelotti juga bertekad untuk merengkuh trofi Liga Champions dengan dua klub yang berbeda. Namun kedua tim kuda hitam, FC Porto dan Atletico Madrid siap menjegalnya.

Grup E: Liverpool, Lyon, Fiorentina, Debrecen

Liverpool, juara 2005, tetap difavoritkan lolos, walaupun di liga lokal performa mereka kurang bagus. Namun, pengalaman di Eropa membuat mereka tetap dijagokan sebagai juara musim ini.

Fiorentina dan Lyon saling bersaing – saing untuk memperebutkan tiket ke babak berikutnya. Sedangkan Debrecen melakukan debutnya di babak grup dan menjadi tim asal Hongaria pertama yang lolos fase grup selama lebih dari satu dekade.

Grup F: Barcelona, Inter Milan, Dinamo Kiev, Rubin Kazan

Barcelona dan Inter bertukar penyerang di musim ini. Sejauh ini Zlatan Ibrahimovic dan Samuel Eto’o telah menunjukkan performa yang menjanjikan di klub barunya masing-masing. Di grup ini, kedua pemain tersebut akan saling membuktikan siapa yang terbaik.

Dinamo Kiev akan berusaha menjadi penjegal kedua tim tersebut dengan pemain yang telah pulang, Andriy Shevcenko. Rubin Kazan, tim debutan ini merupakan kuda hitam di Liga Rusia diperkirakan hanya akan menghiasi grup ini dan sebagai ajang menambah pengalaman mereka di Eropa.

Grup G: Sevilla, Rangers, VfB Stuttgart, Unirea Urziceni

Grup ini merupakan grup terlemah dari 8 grup musim ini. Sevilla, Rangers dan VFB Stuttgart sama – sama tim kuda hitam dengan level kedua di Eropa. Walaupun begitu, grup ini juga akan berjalanan menarik, karena ketiga tim tersebut sama – sama memiliki kekuatan selevel. Unirea Urziceni merupakan tim debutan yang diperkirakan akan menjadi anak bawang bagi ketiga tim tersebut.

Grup H: Arsenal, AZ Alkmaar, Olympiakos Pireus, Standard Liege

Arsenal menjadi grup terfavorit di grup ini. Standard Liege dan Juara Yunani Olimpiakos yang telah 11 kali berturut-turut masuk babak grup sama – sama difavoritkan untuk menemani Arsenal. Sedangkan AZ Alkmaar adalah salah satu dari delapan tim debutan Liga Champions di musim ini.  Tim yang musim lalu memenangi Liga Belanda di bawah asuhan pelatih Louis van Gaal, yang kini sudah pindah ke Bayern Munich ini bakal memberikan kejutan bagi ke tiga klub tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: