Oleh: Pit Gialoni | September 2, 2009

Gempa 7.3 SR Mengguncang Jakarta

Peristiwa bencana alam kembali mengguncang Indonesia. Gempa berkekuatan besar yang mencapai 7.3 SR mengguncang Jakarta, tepatnya di Tasikmalaya pada tanggal 2 September 2009 sekitar jam 3 sore hari.

Gempa tersebut terjadi 2 kali, yaitu pada jam 3 sore dengan kekuatan 7.3 SR dan kemudian disusul 1 jam kemudian dengan kekuatan sekitar 5 SR. Dengan kekuatan yang sangat besar itu, ditakutkan akan terjadi tsunami, namun sekitar jam 5 sore BMG Jakarta dengan tegas mencabut peringatan potensi tsunami tersebut.

Gempa tersebut juga dapat dirasakan di berbagai kota di sekitar Jakarta, seperti Bogor dan Bandung, bahkan juga sampai dirasakan di Yogyakarta. ( Wah… luas juga wilayah gempanya )

Dikabarkan bahwa gempa yang mencapai berbagai wilayah di Jakarta tersebut telah menelan korban jiwa dan kerugian material yang sangat besar. Kerusakan paling parah terjadi di pusat gempa, yaitu di Tasikmalaya. Banyak bangunan yang roboh dan retak dimana mana. Masyarakat di Tasikmalaya masih cemas akan terjadinya gempa susulan, sehingga mereka berhamburan keluar dari rumah untuk menghindari tertimpa oleh serpihan bangunan tempat tinggal mereka seandainya akan terjadi gempa susulan.


Responses

  1. Ah…. sayang sekali, bencana terjadi tepat di bulan suci Ramadhan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: